Teknologi informasi dan komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasiTeknologiaq informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Pendidikan Ilmu Komputer adalah Program Studi/Jurusan/Departemen/Fakultas yang berkonsentrasi pada penerapan Ilmu Komputer dalam dunia pendidikan. Pendidikan Ilmu Komputer bertujuan menghasilkan sarjana pendidikan ilmu komputer (S.Pd) yang mampu mengaplikasikan dan mengintegrasikan ilmu komputer (perangkat lunak dan keras) dengan ilmu kependidikan (misalnya menghasilkan produk multimedia interaktif dan e-learning).
Sarjana Pendidikan Ilmu Komputer berkompetensi menjadi seorang guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk SD, SMP dan SMA serta menjadi guru TKJ, RPL, Multimedia di SMK.

Kurikulum standarSunting

  1. Ilmu-ilmu Pedagogik seperti : Pengembangan Peserta Didik, Pengelolaan Kelas, Perencanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran
  2. Algoritme Pemrograman dan struktur data,
  3. Arsitektur dan sistem operasi
  4. Sistem Infornasi dan Basis Data
  5. Interaksi manusia dan komputer, grafika komputer, pengolahan citra, dan multimedia
  6. Teori komputasi, komputasi numerik dan simbolik
  7. Kecerdasan Buatan dan Robotika
  8. Metode dan rekayasa perangkat lunak
  9. E-learning, E-Commerce dan Web interaktif

UniversitasSunting

Universitas yang telah menyelenggarakan program Pendidikan Ilmu Komputer diantaranya adalah:
  1. Universitas Pendidikan Indonesia
  2. Universitas Pakuan Bogor
  3. Universitas Lambung Mangkurat
  4. Universitas Brawijaya

Pranala luarSunting

  • Program Ilmu Komputer FPMIPA UPI Bandung
  • Pendidikan Ilmu Komputer Universitas Mulawarman- Samarinda - Kalimantan TImur

Komentar